Cool Blue Outer Glow Pointer TIPS MENYELESAIKAN SOAL PARAGRAPH (IDE POKOK) | MY HEAD AND MY LIFE

TIPS MENYELESAIKAN SOAL PARAGRAPH (IDE POKOK)

Label:

           Artikel ini kami putuskan untuk ditulis di blog ini setelah mendengar tentor pengajar bimbingan tempat kami belajar tambahan, dan kami rasa ada manfaatnya bagi pembaca. Langsung aja !

           Biasanya siswa/siswi jika menjumpai soal yang panjang (berupa paragraph), mereka akan melewati soal tersebut karena mereka malas untuk membacanya,  disini kami akan memberitahu cara singkat untuk menjawab soal berjenis ini (mencari ide pokok/kalimat utama) tapi hanya ntuk PARAGRAPH DEDUKTIF CARANYA :
<> Apabila di kalimat kedua dijumpai kata "ini, itu" berarti ini artinya kata "ini, itu"  menjelaskan sesuatu yang   utama atau pokok, yaitu kalimat diatasnya. Berarti dapat disimpulkan bahwa kalimat utamanya berada di kalimat pertama/di awal paragraph.

CONTOH :

           (1) Program Visit Indonesia Year akan tetap dilanjutkan hingga pada tahun 2010, karena dari tahun ketahun dinilai mampu menggerakkan daerah - daerah untuk semakin bergairah membangun pariwisata wilayahnya. (2) Program ini dinilai telah sukses menjaring dan mendatangkan wisatawan mancanegara untuk berkunjung ketanah air hingga mampu mencatat rekor jumlah kunjungan 6.4 juta pada tahun 2008 dengan jumlah devisa 7,5 juta dolar Amerika Serikat. (3) Sesuai dengan survei World Economic Forum 2009, Indonesia menmpati posisi ke - 81 dari 133 negara di dunia tentang daya saing pariwisata. (4) Indeks daya saing kepariwisataan itu dinilai dari 3 hal yakni, kerangka regulasi, infrastruktur dan bisnis serta sumber daya manusia, budaya, dan alam. Carilah Kalimat Utamanya ...
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)


Nah lihat kata yang berwarna biru yang berada di kalimat (2), maka dapat disimpulkan kalimat utamanya berada di nomor satu, jadi jawabannya adalah a. (1)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Magical Inverting Mirror