Cool Blue Outer Glow Pointer SOAL UJIAN SEMESTER BIOLOGI KELAS 3 SMA + [JAWABAN] | MY HEAD AND MY LIFE

SOAL UJIAN SEMESTER BIOLOGI KELAS 3 SMA + [JAWABAN]

Label:

JUJUR SAJA SAYA BUAT ARTIKEL INI SEBENARNYA UNTUK CONTEKAN UNTUK UJIAN BESOK, HAHAHA ...
CAPEK NULIS TANGAN . TAPI SEPERTINYA TIDAK MASALAH, INIKAN JUGA BERBAGI ILMU JADI DAPAT PAHALA JUGA, HAHAHHA ....


1. JELASKAN BAHWA SELEKSI ALAM MERUPAKAN SALAH SATU MEKANISME EVOLUSI!


JAWABAN : 
Seleksi alam juga merupakan mekanisme evolusi. Individu-indivu akan beradaptasi dan berjuang untuk mempertahankan hidupnya, sehingga individu akan mengalami perubahan morfologi, fisiologi, dan tingkah laku. 

  • Individu yang memiliki adaptasi yang baik akan dapat mempertahankan hidupnya, memiliki resistensi yang tinggi dan dapat melanjutkan keturunannya.
  • Sedangkan individu yang tidak dapat beradaptasi akan mati selanjutnya akan punah.

2. DI DALAM SUATU POPULASI TIDAK TERJADI MUTASI, TIDAK TERJADI SELEKSI ALAM, DAN TIDAK TERJADI PERKAWINAN SECARA ACAK. BERDASARKAN HAL TERSEBUT, APAKAH BERLAKU HUKUM HARDY -WEINBERG UNTUK POPULASI TERSEBUT? JELASKAN!

JAWABAN: (BELUM TAU, KALAU UDAH TAU NANTI DIUPDATE)

3. SUATU DAERAH DIHUNI OLEH 25000 JIWA. JIKA JUMLAH ORANG BERTANGAN KIDAL 0,04 %, BERAPA ORANG BERTANGAN NORMAL HOMOZIGOT DAN HETEROZIGOT ?

JAWABAN : (BELUM TAU, KALAU UDAH TAU NANTI DIUPDATE)

4. APAKAH PERSAMAAN ANTARA PERCOBAAN SPALLANZANI DAN PASTEUR ? JELASKAN 

JAWABAN : PERSAMAAN ANTARA PERCOBAAN SPALLANZANI DAN PASTEUR :

- SAMA SAMA MEMBUKTIKAN KETIDAKBENARAN TEORI ABIOGENESIS 
  KARENA KEDUANYA MENDUKUNG TEORI BIOGENESIS
- SAMA - SAMA MENGGUNAKAN AIR KALDU DALAMPERCOBANNYA
- SAMA SAMA HASIL PERCOBANNYA "TIDAK TUMBUH MIKROORGANISME"

5. DARI BEBERAPA TEORI ASAL-USUL KEHIDUPAN YANG KITA PELAJARI, ANDA SECARA PRIBADI PERCAYA PADA TEORI YANG MANA? JELASKAN ALASANNYA ?
JAWABAN : 

(UNTUK JAWABAN YANG INI PILIH YANG MANA ABIOGENESIS, TEORI YANG MENGATAKAN MAKHLUK HIDUP BERASAL DARI BENDA YANG MATI ATAU TEORI BIOGENESIS, MAKHLUK HIDUP BERASAL DARI MAKHLUK HIDUP LAIN)

6. MENGAPA AUGUST WEISSMANN MENOLAK TEORI EVOLUSI LAMARCK DAN MENDUKUNG TEORI EVOLUSI DARWIN? JELASKAN !

JAWABAN : 
Lamarck berpendapat bahwa makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya dengan cara menggunakan organ tubuhnya, kemudian sifat atau fungsi organ tersebut diwariskan kepada keturunannya. Berdasarkan teori ini, menurut Lamarck nenek moyang menjangan tidak bertanduk. Namun, dikarenakan sering mengadu kepala maka tanduk tumbuh dikepala menjangan.
Teori Lamarck ditentang oleh Weismann. Weismann berpendapat bahwa perubahan sel-sel tubuh akibat pengaruh lingkungan tidak diwariskan pada keturunannya. Weismann membuktikan teorinya dengan menggunakan tikus. Weismann mengawinkan dua ekor tikus yang masing-masing ekornya telah dipotong. Kemudian, anak-anak tikus yang sudah dewasa tersebut dipotong ekornya dan dikawinkan dengan sesamanya. Hasilnya tetap anak-anak tikus yang berekor. Weismann melakukan percobaan ini hingga 21 generasi tikus dan hasilnya tetap sama.


- Weismann tidak menentang teori evolusi Darwin, namun justru menjelaskan teori Darwin. Menurut Weismann, perubahan sel-sel tubuh akibat pengaruh lingkungan tidak diwariskan pada keturunannya. Evolusi menyangkut pewarisan gen-gen melalui sel-sel kelamin. Hal ini bermakna bahwa evolusi berkaitan dengan gejala seleksi alam terhadap faktor-faktor genetik.
Weismann berpendapat bahwa sifat leher panjang dan leher pendek pada jerapah dikontrol oleh gen. Gen untuk leher panjang bersifat dominan, sedangkan gen untuk leher pendek bersifat resesif. Oleh karena itu, jerapah berleher panjang merupakan keturunan yang bersifat homozigot dominan atau heterozigot. Sebaliknya, jerapah berleher pendek merupakan keturunan yang bersifat homozigot resesif. Jerapah berleher pendek yeng homizigot resesif tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya sehingga punah.


7. JELASKAN PERBEDAAN ANTARA HOMOLOGI DAN ANALOGI ! BERIKAN CONTOH MASING MASING !

JAWABAN : 

homologi: organ yang asalnya sama namun struktur dan fungsinya berbeda
cth: tangan manusia dengan sayap burung ; kaki buaya dengan sayap kelelawar

analogi: organ yang memiliki asal berbeda namun struktur dan fungsi sama
cth: sayap kupu-kupu dgn sayap burung burung dengan sayap kelelawar

8. DESA SUKAMAJU BERPENDUDUK 40000 ORANG DIMANA 36%-NYA MENDERITA ALBINO. HITUNGLAH BANYAKNYA ORANG YANG NORMAL HOMOZZIGOT DAN HETEROZIGOT !

JAWABAN : (BELUM TAU, KALAU UDAH TAU NANTI DIUPDATE)


9. TULISKAN DALAM BENTUK TABEL PERSAMAAN DAN PERBEDAAN PERCOBAAN YANG DILAKUKAN OLEH NEED-HAM, SPALLANZANI DAN PASTEUR !: 

JAWABAN : (HAHA, INI TABELNYA DIFOTO PAKE WEBCAM MAKANYA AGAK CACAT DIKIT)

TABEL IKHTISAR


10.  JELASKAN BEBERAPA KEUNTUNGAN PLASMID BAKTERI SEBAGAI VEKTOR DALAM REKAYASA GENETIK : 

JAWABAN :
1. SUSUNAN KIMIA SEL BAKTERI TELAH DIKETAHUI DAN DIKUASAI SEJAK LAMA
2. KEMAMPUAN BERKEMBANGBIAKNYA SANGAT TINGGI
3. sifat plasmid pada keturunan bakteri sama dengan plasmid induk. Karena sifat-sifat tersebut di atas plasmid digunakan sebagai vektor atau pemindah gen ke dalam sel target.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Magical Inverting Mirror